Penelitian Baru, Beralih ke pola makan nabati dapat membantu mengelola masalah berat badan dengan lebih baik

Diposting pada

Tim Kesehatan Organisasi Asgar

Berdasarkan serangkaian studi dan penelitian ditemukan bahwa ada Penelitian Baru, Beralih ke pola makan nabati dapat membantu mengelola masalah berat badan dengan lebih baik.

Pola makan nabati bukan hanya sekedar iseng-iseng – faktanya, survei internasional yang dilakukan akhir tahun lalu oleh perusahaan nutrisi global Herbalife Nutrition telah mengindikasikan bahwa tren ini akan mendapatkan momentum, terutama di Asia Pasifik.

Dari 8.000 responden di delapan negara Asia Pasifik, dua dari lima konsumen APAC mengatakan bahwa mereka lebih terbuka terhadap makanan nabati dan pilihan tanpa daging, dengan hampir 80% menyebutkan kesehatan sebagai alasan nomor satu untuk melakukannya.

Dari mereka yang mengubah pola makan, mayoritas setuju bahwa mereka akan mempertahankan perubahan tersebut bahkan setelah pandemi saat ini berakhir.

Seperti yang dijelaskan oleh Susan Bowerman, ahli diet terdaftar dan direktur senior, Pendidikan dan Pelatihan Nutrisi Sedunia, Herbalife Nutrition, pola makan nabati lebih merupakan pendekatan makan daripada menerapkan label.

Ini adalah cara makan yang menempatkan penekanan pada makanan nabati berupa buah-buahan dan sayuran warna-warni, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Meskipun pola makan nabati, ini belum tentu pola makan vegetarian.

Beberapa bentuk umum termasuk yang berikut ini: pola makan vegan (atau vegetarian total), yang mengecualikan semua produk hewani, termasuk daging, makanan laut, unggas, telur, susu produk, dan produk sampingan hewan.

Pola makan vegetarian lakto-ovo, yang tidak termasuk daging, makanan laut dan unggas tetapi termasuk telur dan produk susu; pola makan Mediterania, yang mungkin mencakup sejumlah kecil protein hewani seperti ikan, ayam, dan produk susu, dengan daging merah sekali atau dua kali sebulan, dan menekankan banyak sayuran, kacang-kacangan, minyak zaitun, rempah-rempah, dan rempah-rempah.

Dan atau pola makan makanan nabati utuh (WFPB), yang mendorong makanan nabati dalam bentuk utuh yang belum diolah, terutama sayuran, buah-buahan, polong-polongan serta biji-bijian dan kacang-kacangan (dalam jumlah yang lebih kecil).

Makanan nabati dikenal padat nutrisi, yang berarti memberikan banyak nutrisi relatif terhadap biaya kalorinya, menurut Bowerman.

Buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian merupakan sumber vitamin, mineral, dan fitonutrien yang bagus, dan secara alami bebas kolesterol.

Sebagian besar makanan nabati juga mengandung cukup banyak serat, yang membantu mengisinya dan menjaga saluran pencernaannya berjalan lancar.

Ketika Anda memasukkan banyak makanan bergizi dan mengenyangkan ini ke dalam makanan Anda, itu menyisakan lebih sedikit ruang di perut Anda untuk sesuatu yang kurang sehat.

Meskipun makanan nabati yang mengenyangkan dan kaya serat mungkin tampak membantu orang yang mencari penurunan berat badan * lebih cepat, manfaat kesehatannya mungkin masih berbeda pada orang lain tergantung pada usia dan kondisi yang sudah ada sebelumnya yang dimiliki orang tersebut.

[* Ada banyak penelitian yang dilakukan yang menunjukkan bahwa pola makan nabati lebih baik untuk mengatasi masalah obesitas dan berat badan. Salah satu penelitian tersebut menunjukkan bahwa peralihan ke pola makan nabati memiliki efek kesehatan yang menguntungkan pada berat badan dan BMI pada individu yang kelebihan berat badan. Penurunan berat badan dapat dijelaskan dengan peningkatan asupan serat, lemak tak jenuh ganda, dan protein nabati, termasuk pengurangan asupan energi, lemak jenuh, dan protein hewani.]

Bagi praktisi kesehatan, ahli nutrisi dan ahli diet yang ingin merekomendasikan pola makan nabati ini kepada pasien mereka, selain pendidikan, penting untuk melakukan penilaian menyeluruh terhadap kebiasaan makan dan kebutuhan gizi pasien sebelum menyarankan pola makan nabati ini kepada pasien. mereka.

Jika cocok, rekomendasikan resep nabati yang sederhana dan mudah dengan bahan-bahan yang mudah dibeli dan dimasukkan ke dalam makanan sehari-hari;

Selain itu, sarankan perencana makan atau pelacak aplikasi untuk memudahkan referensi tentang jumlah makanan nabati yang dikonsumsi dalam makanan dan di mana perubahan diperlukan.

Sedangkan untuk individu, menambahkan lebih banyak makanan nabati ke dalam pola makan biasa seharusnya relatif mudah dan dapat dilakukan dengan pendekatan bertahap.

Bowerman mengatakan cara mudah untuk memasukkan lebih banyak makanan nabati ke dalam diet adalah dengan mengonsumsi buah atau sayuran setiap kali makan atau ngemil, atau menambahkan satu atau dua makanan vegetarian per minggu.

Secara bertahap mengganti makanan berbasis protein hewani dengan makanan berbasis protein nabati sambil memastikan bahwa asupan nutrisi vitamin dan mineral esensial tetap terpenuhi, seperti melalui suplemen makanan, tambahnya.

Demikianlah yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.