Solusi Medis, Buah Apa yang Baik untuk Penderita Diabetes

Diposting pada

Tim Kesehatan Organisasi Asgar

Berdasarkan serangkaian studi dan penelitian ditemukan bahwa ada Solusi Medis, Buah Apa yang Baik untuk Penderita Diabetes.

Panduan kami tentang buah mana yang baik untuk penderita diabetes akan membantu Anda memilih apa yang harus dimakan lebih banyak, dan apa yang harus dihindari

Jika Anda bertanya-tanya buah mana yang baik untuk penderita diabetes, Anda datang ke tempat yang tepat.

Banyak orang berpikir bahwa penderita diabetes perlu menghindari semua gula, bahkan gula yang ditemukan dalam buah.

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa ini hanyalah mitos, dan faktanya banyak buah-buahan dapat menjadi bagian yang sehat dan bergizi dari diet Anda, baik Anda menderita diabetes atau tidak.

Berbagai macam buah dapat membantu Anda mengelola kadar glukosa darah, mengurangi lemak dalam diet, menurunkan tekanan darah, dan membantu mengelola berat badan – semuanya dapat memperbaiki gejala yang terkait dengan diabetes . Namun, perlu diketahui buah mana yang rendah gula.

Itu karena setiap makanan yang mengandung karbohidrat cenderung menaikkan kadar gula darah dan buah-buahan termasuk dalam kategori itu.

Tapi itu tidak berarti memotong buah dari diet Anda sepenuhnya. Sementara penderita diabetes harus menghindari makanan dan buah-buahan yang mengandung banyak gula, ada banyak pilihan rendah gula yang menjadi tambahan nutrisi untuk diet penderita diabetes.

Namun, kami menyarankan Anda memilih buah utuh dan menghindari jus buah.

Jus buah bisa lebih tinggi gula alaminya, dan Anda bisa minum lebih banyak dari yang Anda butuhkan, sehingga bisa meningkatkan kadar glukosa darah Anda dengan cepat.

Sebaliknya, pikirkan tentang menukar jus buah dengan air.

Panduan kami untuk botol air terbaik akan membantu Anda menemukan botol air yang sempurna untuk diminum, saat Anda bepergian.

Untuk membantu Anda mengetahui buah mana yang baik untuk penderita diabetes dan mana yang harus dihindari, kami telah menyusun daftar praktis untuk Anda dalam panduan ini, plus, kami membagikan tip terbaik kami untuk mengelola diabetes dengan diet Anda.

BUAH-BUAHAN UNTUK DIMASUKKAN DALAM DIET DIABETES ANDA

Memperhatikan indeks glikemik (GI) buah-buahan yang ingin Anda konsumsi adalah salah satu cara agar Anda dapat melacak mana yang dapat meningkatkan kadar glukosa darah Anda.

Makanan dengan peringkat GI tinggi dapat menyebabkan peningkatan cepat kadar gula darah, termasuk makanan dan minuman manis, roti putih, kentang, dan nasi putih.

Buah-buahan, di sisi lain, biasanya memiliki peringkat GI rendah atau sedang. Ini berarti mereka dipecah secara bertahap, menyebabkan kenaikan kadar gula darah lebih lambat selama periode yang lebih lama. Mereka juga bagus untuk memuaskan gigi manis.

Menurut American Diabetes Association , buah adalah bagian yang sehat dari setiap rencana makan diabetes . ADA merekomendasikan buah apa pun yang segar, beku, atau kalengan.

Jika Anda memilih buah kalengan, pastikan Anda menghindari varietas yang telah menambahkan gula.

Cari deskripsi yang mengatakan “tanpa pemanis”, “tanpa tambahan gula”, dan “dikemas dalam jusnya sendiri”. Jangan membeli buah yang dikemas dalam sirup manis.

Buah kering juga bisa bergizi tapi hati-hati makan terlalu banyak. Hanya 1 kotak mini kismis dapat mengandung sebanyak 14 gram karbohidrat.

Jika Anda tidak yakin, lebih baik tetap menggunakan buah utuh. Mereka lebih mengenyangkan daripada varietas kering juga.

Orang dengan diabetes harus berusaha untuk makan jumlah porsi yang direkomendasikan sama per hari seperti orang tanpa diabetes.

Itu berarti sekitar 1,5 hingga 2 cangkir buah setiap hari, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

ADA merekomendasikan buah – buahan berikut untuk dimasukkan sebagai bagian dari rencana makan diabetes:

  • Apel
  • aprikot
  • Alpukat
  • Blackberry
  • Bluberi
  • Blewah
  • Ceri
  • Jeruk bali
  • Anggur
  • melon madu
  • Nectarine
  • Persik
  • Buah pir
  • Plum
  • Raspberi
  • Stroberi
  • jeruk keprok

BUAH-BUAHAN YANG HARUS DIHINDARI DALAM DIET DIABETES ANDA

Ada beberapa buah yang memiliki peringkat GI sedang hingga tinggi, yang berarti dapat meningkatkan kadar glukosa darah lebih cepat daripada buah lainnya.

Ini tidak berarti bahwa penderita diabetes harus menghindari makan buah-buahan ini, tetapi mereka mungkin ingin membatasinya dalam diet mereka.

Mereka mungkin juga ingin hati-hati memantau kadar gula darah mereka setelah makan buah-buahan tertentu.

Menurut Medical News Today buah-buahan yang memiliki GI tinggi antara lain:

  • Pisang yang terlalu matang
  • Semangka
  • Kurma kering
  • nanas

Peringkat GI juga dapat meningkat saat buah matang.

TIPS LAIN UNTUK MENGELOLA DIABETES DENGAN DIET ANDA

Menurut Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal (NIKKD), diet diabetes yang sehat mencakup makanan berikut serta buah-buahan, dalam porsi yang direkomendasikan oleh rencana makan Anda:

  • Sayuran: sayuran non-tepung seperti brokoli, wortel, paprika, dan tomat, dan sayuran bertepung seperti kentang, jagung, dan kacang hijau.
  • Roti gandum utuh, pasta, dan sereal.
  • Daging tanpa lemak dan ikan atau pengganti daging, seperti tahu.
  • Telur.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian.
  • Susu, yogurt, dan keju tanpa lemak atau rendah lemak.
  • Makanan dengan lemak sehat untuk jantung, seperti minyak zaitun, alpukat, dan ikan berlemak.

NIKKD juga merekomendasikan kontrol porsi saat makan, terutama bagi penderita diabetes yang kelebihan berat badan. 

Ada dua metode untuk membantu Anda mengurangi jumlah yang Anda makan pada waktu makan:

  • Metode piring: Menggunakan piring 9”, isi setengah piring dengan sayuran non-tepung, seperempat dengan daging atau protein, dan seperempat lagi dengan biji-bijian atau tepung. 
  • Penghitungan karbohidrat: Ini sering digunakan oleh penderita diabetes yang menggunakan insulin. Anda harus mempelajari makanan mana yang mengandung karbohidrat dan berapa banyak dalam setiap ukuran porsi. Maka Anda harus menambahkan berapa banyak karbohidrat yang Anda miliki selama sehari. 

Kedua metode kontrol porsi ini dapat membantu Anda merencanakan berapa banyak yang harus dimakan dan berapa banyak yang harus dimakan setiap kelompok makanan, termasuk buah.

Tim perawatan kesehatan diabetes dapat memberi saran tentang metode mana yang tepat untuk Anda.

CARA CEPAT UNTUK MEMASUKKAN LEBIH BANYAK BUAH DALAM DIET ANDA

Kiat sederhana dari American Heart Association ini dapat membantu Anda memasukkan lebih banyak buah ke dalam makanan sehari-hari dengan mudah.

Hanya membuat satu peralihan sederhana ke makanan atau camilan dapat meningkatkan nutrisi, membantu Anda menurunkan berat badan, dan mengelola kadar gula darah Anda dengan lebih efektif.

  • Tambahkan segenggam buah beri segar, beku, atau kalengan ke sereal atau bubur pagi Anda.
  • Gunakan jeruk cincang, anggur atau melon untuk salad makan siang Anda. 
  • Simpan satu atau dua porsi buah sebagai camilan di siang hari.
  • Bekukan pisang atau sepotong semangka untuk es loli dingin di bulan-bulan musim panas. 
  • Pilih buah sebagai hidangan penutup untuk memuaskan gigi manis.

Demikianlah informasinya tentang apa, bagaimana cara, kapan dan kenapa obat dan sehat itu penting, pada siapa bertanya, berapa harga dan lama proses, dimana yang jual murah dan kita beli gampang, semoga bermanfaat.