Pengetahuan Penting, Inilah Perbedaan Antara Veganisme vs Vegetarianisme

Diposting pada

Tim Kesehatan Organisasi Asgar

Berdasarkan serangkaian studi dan penelitian ditemukan bahwa ada Pengetahuan Penting, Inilah Perbedaan Antara Veganisme vs Vegetarianisme.

Veganisme vs vegetarianisme: mana yang lebih baik? Kami membandingkan manfaat dan risiko dari pola makan nabati yang populer ini

Kebanyakan orang dapat secara luas menjelaskan perbedaan antara veganisme vs vegetarianisme.

Prinsip dasar di balik diet ini serupa: keduanya melibatkan pola makan nabati, baik itu untuk tujuan lingkungan, etika atau agama.

Tetapi sementara vegetarian hanya mengecualikan daging dari makanan mereka, veganisme lebih membatasi dan melibatkan perubahan gaya hidup yang lebih luas.

Namun, jika Anda mempertimbangkan untuk beralih ke cara hidup yang lebih berbasis tumbuhan, Anda mungkin merasa tidak yakin tentang gaya hidup mana yang lebih sesuai dengan keadaan pribadi Anda.

Selain itu, banyak mitos dan kesalahpahaman seputar perdebatan veganisme vs vegetarianisme, sehingga sulit untuk membuat keputusan yang tepat.

Dengan semakin banyaknya orang yang tertarik dengan cara hidup yang ramah lingkungan, memahami pro dan kontra dari veganisme dan vegetarisme dapat berguna.

Di sini, Anda dapat menemukan panduan lengkap tentang pola makan vegan dan vegetarian untuk membantu Anda menavigasi dunia nabati.

APA ITU DIET VEGETARIAN?

Menurut Masyarakat Vegetarian, diet vegetarian tidak termasuk produk dan produk sampingan dari penyembelihan hewan, seperti daging, unggas, hewan buruan, ikan dan kerang, serta serangga, gelatin, rennet hewan, stok dan lemak hewani.

Sebaliknya, vegetarian cenderung mendasarkan makanan mereka pada buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Dalam hal konsumsi makanan hewani lainnya (khususnya susu, madu, dan telur), hal ini sangat bergantung pada jenis vegetarianisme yang terlibat.

Ada beberapa jenis vegetarian:

  • Lacto-ovo vegetarian: seseorang yang menghindari daging, tetapi makan produk susu dan telur
  • Lacto vegetarian: seseorang yang menghindari daging dan telur, tetapi makan produk susu
  • Ovo vegetarian: seseorang yang menghindari semua produk hewani, kecuali telur
  • Pescatarian: seseorang yang tidak makan daging atau unggas, tetapi mengkonsumsi ikan 
  • Flexitarian: Seorang vegetarian ‘paruh waktu’ yang terkadang makan produk hewani

APA ITU POLA MAKAN VEGAN?

Pola makan vegan terkadang dianggap sebagai subtipe dari pola makan vegetarian.

Menurut Masyarakat Vegan, pola makan vegan mengecualikan semua makanan hewani, termasuk daging, unggas, hewan buruan, ikan, kerang, telur dan produk susu, serta semua turunan hewani, seperti gelatin, carmine, madu, pepsin, lak , albumin, whey, kasein dan beberapa bentuk vitamin.

Gagasan di balik veganisme adalah untuk menghindari segala bentuk eksploitasi dan kekejaman terhadap hewan.

Vegan cenderung mendasarkan makanan mereka pada buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan biji-bijian, dan perlu menggunakan suplemen makanan tertentu untuk menghindari potensi kekurangan.

Vegan yang sangat aktif mungkin juga perlu berinvestasi dalam bubuk protein vegan terbaik untuk menambah asupan protein mereka.

VEGANISME VS VEGETARIANISME: KESAMAAN

Veganisme dan vegetarianisme memiliki banyak kesamaan.

Kedua gerakan ini menekankan perlunya melindungi hewan dari bahaya, meskipun cakupan pasti dari keyakinan ini mungkin berbeda.

Baik vegan maupun vegetarian sama sekali menghindari daging dan fokus pada pola makan nabati yang kaya akan makanan utuh, terutama biji-bijian, buah, sayuran, kacang-kacangan, lentil, kacang-kacangan, biji-bijian, dan rumput laut.

Juga, kedua pola diet memungkinkan konsumsi alternatif daging nabati, alternatif susu dan telur, serta suplemen makanan, minuman beralkohol, kopi dan teh.

VEGANISME VS VEGETARIANISME: PERBEDAAN

Untuk membantu Anda memahami di mana kedua rencana diet ini berbeda, mari kita lihat lebih dekat beberapa perbedaan utama antara veganisme dan vegetarianisme.

Kesejahteraan hewan

Rantai produksi modern dirancang untuk memproduksi, menyimpan, dan mendistribusikan makanan dalam jumlah besar secara efisien.

Untuk memenuhi permintaan konsumen akan daging segar, telur dan susu, banyak produsen makanan beralih ke praktik pertanian industri yang dapat menyebabkan banyak penderitaan dan penderitaan bagi hewan.

Bagi banyak vegetarian dan vegan, ini adalah faktor pendorong dalam preferensi diet mereka.

Namun, sementara kesejahteraan hewan adalah alasan utama mengapa mereka menghindari makan daging hewan, mereka dapat berbeda dalam hal sejauh mana mereka menganggap produk hewani dapat diterima.

Vegetarian umumnya setuju untuk mengonsumsi produk hewani seperti telur dan susu, selama diproduksi dengan cara yang etis dan berkelanjutan.

Banyak vegan menghindari makan produk hewani sama sekali, serta memilih pakaian, kosmetik, hiburan, dan barang-barang rumah tangga yang bebas dari kekejaman.

Veganisme sering dianggap sebagai gaya hidup, dengan banyak yang menolak untuk membeli barang apa pun yang mengandung kulit alami, wol, sutra, lilin lebah, sabun, lateks, atau kasein.

Mereka juga menentang kosmetik dan produk lain yang diuji pada hewan.

Dikatakan demikian, banyak vegetarian juga mengadopsi pendekatan ini dalam gaya hidup mereka.

Gaya hidup

Baik vegan dan vegetarian sangat khusus tentang apa yang mereka makan dan alasan mereka mengapa, tetapi untuk vegan itu cenderung lebih merupakan gaya hidup daripada sekadar preferensi diet.

Veganisme sering dianggap sebagai gerakan aktivis, dan mendorong orang untuk vokal dalam melindungi lingkungan dan hak-hak hewan.

Mereka juga mungkin lebih terlibat dalam mempromosikan gaya hidup nabati mereka kepada orang lain.

Dampak lingkungan

Banyak orang semakin khawatir tentang perubahan iklim dan dampak lingkungan dari pilihan gaya hidup mereka.

Untuk alasan ini, lebih banyak orang mengurangi asupan daging atau susu mereka dalam upaya untuk mengurangi jejak karbon mereka, menghemat persediaan air dan membantu menurunkan polusi udara yang terkait dengan pemeliharaan hewan.

Memang, menurut tinjauan sistematis yang diterbitkan dalam Sustainability, pola makan vegan dianggap lebih baik untuk planet ini daripada pola makan vegetarian atau omnivora.

Nilai gizi

Salah satu perbedaan terbesar antara pola makan vegan dan vegetarian adalah nilai gizinya.

Karena pola makan ini didasarkan pada kelompok makanan yang berbeda, sebagian besar waktu mereka tidak memberikan jumlah atau kualitas zat gizi makro dan mikro yang sama.

Meskipun keduanya dianggap sebagai pilihan yang sangat sehat, pola makan vegan cenderung berkinerja sedikit lebih baik dalam studi penelitian.

Misalnya, ulasan yang diterbitkan di Nutrition Review yang membandingkan nilai gizi dari pola makan omnivora, vegetarian, dan vegan menemukan bahwa pola makan vegan cenderung secara konsisten dinilai lebih tinggi daripada yang vegetarian dalam hal kualitas dan rasio nutrisinya.

Ini sebagian besar karena fakta bahwa mereka cenderung memasukkan jauh lebih sedikit lemak jenuh, kolesterol dan gula, serta lebih banyak serat dan fitonutrien ..

Pada saat yang sama, vegan mungkin mengalami lebih banyak kekurangan makanan daripada vegetarian.

Mereka mungkin berjuang untuk mendapatkan cukup kalsium, zat besi, seng, vitamin D , vitamin E atau asam lemak omega-3 esensial.

Mikronutrien tertentu, seperti vitamin B12, praktis tidak ada dalam makanan nabati dan perlu ditambah.

VEGANISME VS VEGETARIAN: MANA YANG LEBIH BAIK UNTUK KESEHATAN ANDA?

Agar Anda dapat membuat keputusan yang tepat tentang diet mana yang tepat untuk Anda, mari kita lihat lebih dekat bagaimana mereka menumpuk dalam hal manfaat kesehatan.

Penurunan berat badan

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa diet nabati cenderung lebih efektif daripada diet omnivora dalam mencapai hasil penurunan berat badan.

Namun, sedikit yang diketahui tentang kemampuan melangsingkan veganisme vs vegetarianisme.

Namun, bukti yang muncul menunjukkan bahwa vegan cenderung mencapai dan mempertahankan komposisi tubuh yang lebih baik daripada vegetarian.

Satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition mengukur penurunan berat badan pada individu yang kelebihan berat badan yang secara acak ditugaskan untuk diet rendah lemak, rendah glikemik yang berbeda: vegan, vegetarian, pesco-vegetarian, semi-vegetarian atau omnivora.

Peserta vegan adalah yang paling berhasil dalam mengurangi lemak tubuh mereka, baik setelah dua dan enam bulan intervensi ini.

Studi lain, yang dilakukan atas nama International Journal of Obesity, juga menunjukkan bahwa peserta vegan, jika dibandingkan dengan vegetarian dan omnivora, memperoleh berat badan paling sedikit selama periode lima tahun.

Pencegahan Kanker

Ada beberapa faktor yang dapat berkontribusi pada timbulnya dan perkembangan kanker.

Merokok, konsumsi alkohol, obesitas, dan aktivitas fisik yang rendah semuanya merupakan pemicu penting.

Tapi apa dan seberapa sering kita makan bisa menjadi sangat penting dalam hal pembentukan tumor, dan pola makan nabati berada di garis depan pencegahan kanker, seperti yang ditunjukkan oleh ulasan yang diterbitkan dalam Current Nutrition Reports.

Tidak banyak penelitian yang mengeksplorasi perbedaan antara veganisme vs vegetarianisme telah dilakukan sejauh ini, tetapi bukti yang muncul menunjukkan bahwa pola makan vegan cenderung lebih protektif.

Menurut meta-analisis yang dipresentasikan dalam Critical Review in Food Science and Nutrition, vegetarian memiliki risiko dua kali lipat terkena kanker jika dibandingkan dengan vegan.

Selain itu, orang yang mengikuti pola makan vegan mungkin memiliki tingkat biomarker inflamasi yang lebih rendah, terutama protein C-reaktif terkait kanker, dibandingkan mereka yang makan pola makan vegetarian.

Kesehatan Usus

Apa yang terjadi di saluran pencernaan kita memiliki berbagai implikasi pada fungsi seluruh tubuh, dan diet adalah salah satu faktor terpenting dalam menentukan kesehatan usus kita.

Pola makan nabati telah terbukti meningkatkan pertumbuhan bakteri usus yang baik dan mengatur fungsi kritis usus, sebagian besar karena kandungan seratnya yang tinggi dan polifenol anti-inflamasi yang melimpah.

Namun, penelitian yang membandingkan pola makan vegan, vegetarian, dan omnivora menghasilkan hasil yang beragam dan sulit untuk memastikan pola diet mana yang memiliki dampak paling menguntungkan bagi kesehatan usus kita.

Sebagai vegetarian mengkonsumsi produk susu, mereka sebagian besar mendapat manfaat dari sifat probiotik susu, yogurt dan kefir – makanan yang, menurut tinjauan sistematis yang diterbitkan dalam Mikroba Usus , telah terbukti secara signifikan bermanfaat bagi kesehatan usus.

Di sisi lain, banyak orang dewasa menderita sampai tingkat tertentu dari intoleransi laktosa , yang dapat menyebabkan kram perut, kembung, diare, mual dan perut kembung.

Kondisi ini sebagian besar disebabkan oleh masalah pencernaan laktosa, tetapi juga dapat berkembang secara independen pada individu dengan kecemasan atau sindrom iritasi usus besar.

Oleh karena itu, individu sensitif tertentu dapat mengambil manfaat lebih banyak dari pola makan vegan, atau pola makan vegetarian yang mengecualikan produk susu.

Kesehatan Tulang

Bagaimana kerangka kita berubah dari waktu ke waktu sangat tergantung pada dua faktor: diet dan aktivitas fisik.

Banyak yang berpendapat bahwa pola makan nabati kekurangan nutrisi dalam jumlah cukup yang membantu menjaga kepadatan mineral tulang yang baik, seperti kalsium dan vitamin D.

Namun, menurut artikel ulasan yang diterbitkan di Current Opinion in Endocrinology & Diabetes and Obesity, vegan dan vegetarian yang memastikan mereka memenuhi asupan harian yang direkomendasikan untuk nutrisi penting ini, tidak menunjukkan masalah dengan kesehatan tulang mereka.

Para peneliti bahkan menyarankan bahwa pola makan nabati sebenarnya dapat mengurangi risiko osteoporosis, meskipun lebih banyak bukti diperlukan untuk mendukung klaim ini.

Namun, penelitian lain menunjukkan bahwa pola makan vegan khususnya mungkin memiliki efek berbahaya pada kerangka, terutama pada wanita.

Misalnya, meta-analisis dalam jurnal Medicine menyarankan bahwa wanita yang mengikuti pola makan vegan mungkin memiliki kepadatan massa tulang yang lebih rendah daripada vegetarian dan omnivora, yang menempatkan mereka pada risiko lebih tinggi terkena osteoporosis.

Lebih lanjut, penelitian lain di BMC Medicine meneliti insiden patah tulang di lokasi tertentu di antara vegan dan vegetarian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa vegan berisiko lebih tinggi mengalami kerusakan tulang, terutama dalam hal patah tulang pinggul yang melemahkan.

Kehamilan dan menyusui

Banyak orang berpendapat bahwa mengikuti pola makan vegan atau vegetarian saat mengharapkan bayi sangat tidak bertanggung jawab.

[widgets_on_pages id=4]

Namun, bukti ilmiah saat ini tidak mendukung klaim itu.

Para peneliti dari jurnal Nutrients melakukan tinjauan menyeluruh terhadap literatur yang tersedia dan menyarankan bahwa pola makan nabati, selama itu seimbang dan direncanakan dengan hati-hati, tidak menimbulkan risiko bagi wanita hamil dan tidak berdampak negatif pada perkembangan janin.

Namun, mereka menunjukkan bahwa lebih banyak penelitian diperlukan di bidang ini.

Demikian pula, ada banyak kontroversi seputar menyusui, sampai-sampai di beberapa negara, bank susu menolak untuk menerima ASI dari ibu vegan dan vegetarian.

Sekali lagi, bukti ilmiah melukiskan gambaran yang berbeda.

Menurut tinjauan sistematis yang diterbitkan dalam Critical Review in Food Science and Nutrition, selama wanita menyusui mengikuti diet seimbang, mereka mampu menghasilkan ASI berkualitas tinggi, terlepas dari jenis diet yang mereka pilih.

Kesesuaian untuk Anak-anak

Isu kontroversial lainnya berkaitan dengan kesesuaian pola makan nabati untuk anak-anak.

Tubuh muda membutuhkan berbagai macam nutrisi untuk tumbuh dan berkembang dengan baik dan banyak orang tua takut bahwa pola makan vegan dan vegetarian tidak dapat memberi mereka jumlah yang cukup.

Memang, ada kasus anak-anak vegan dan vegetarian yang menderita kekurangan gizi dan bahaya serius, dan banyak ilmuwan telah mencoba menentukan faktor yang harus disalahkan.

Menurut ulasan terbaru yang diterbitkan dalam Proceedings of the Nutrition Society, pola makan nabati yang seimbang tidak membahayakan kesehatan anak-anak.

Namun, ditunjukkan bahwa orang muda yang mengikuti pola makan vegan mungkin memerlukan pengawasan medis dan diet untuk memastikan mereka mendapatkan semua nutrisi yang mereka butuhkan.

Oleh karena itu, diet vegetarian mungkin lebih layak karena memerlukan perencanaan, sumber daya, dan suplemen yang jauh lebih sedikit.

Demikianlah informasinya tentang apa, bagaimana cara, kapan dan kenapa obat dan sehat itu penting, pada siapa bertanya, berapa harga dan lama proses, dimana yang jual murah dan kita beli gampang, semoga bermanfaat.