Penelitian Baru, Tentang Apakah Olahraga Membantu Kecemasan

Diposting pada

Tim Kesehatan Organisasi Asgar

Berdasarkan serangkaian studi dan penelitian ditemukan bahwa ada Penelitian Baru, Tentang Apakah Olahraga Membantu Kecemasan.

Apakah olahraga membantu kecemasan? Dengan banyak orang menderita pikiran cemas akhir-akhir ini, itu telah menjadi pertanyaan yang sangat umum.

Olahraga adalah tindakan yang telah lama dipuji untuk membantu meringankan gejala masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi, tetapi apakah ada penelitian yang mendukung penggunaannya? Sederhananya, ya – dan kami akan menjelaskan alasannya di sini.

Menurut jurnal Elsevier Public Health and Emergency Collection, tingkat kecemasan meningkat di AS dari 2008 hingga 2018.

Obat-obatan dapat membantu mengatasi kecemasan kronis jangka panjang. Namun, kurang dari setengah (46,3%) dari mereka yang merasa cemas mencari bantuan medis.

Sebaliknya, cara sederhana dan mudah diakses untuk mengurangi dampak kecemasan adalah dengan melakukan lebih banyak aktivitas fisik.

Anda tidak perlu berlatih untuk maraton atau bergabung dengan tim sepak bola (walaupun kedua bentuk latihan itu bagus).

Apa pun mulai dari berenang di perairan terbuka, berjalan-jalan di pedesaan, atau meregangkan tubuh di atas salah satu matras yoga terbaik bisa menjadi tips kecemasan yang bagus untuk membantu Anda merasa lebih tenang.

Apakah olahraga membantu kecemasan?

Pekerjaan sedang berlangsung untuk memperjelas mengapa olahraga sangat bermanfaat.

Namun, sejauh ini ada empat cara yang telah diidentifikasi oleh psikolog dan peneliti.

Ini termasuk gangguan, mengubah respons tubuh kita terhadap stres, mengubah respons otak kita terhadap stresor dan bekerja sebagai mekanisme koping sehingga kita merasa lebih mampu menangani situasi sulit.

Latihan memberikan gangguan

Sebuah penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine telah menemukan bahwa olahraga dapat mengalihkan perhatian Anda dari perenungan, yang cenderung lazim pada mereka yang mengalami kecemasan.

Jadi, apakah olahraga membantu kecemasan dengan cara ini? Perenungan, proses berpikir mendalam tentang sesuatu, dapat membantu, tetapi tidak ketika itu tentang sesuatu yang tidak dapat Anda kendalikan.

Ini bisa terasa seolah-olah mengambil semua ruang kepala Anda dan membuat Anda terlalu lelah atau sibuk untuk fokus pada hal-hal yang mungkin bisa Anda lakukan.

Olahraga bisa menjadi teknik distraksi yang sangat sederhana.

Ini menempatkan fokus dan perhatian Anda di tempat lain (karena Anda harus fokus pada lapangan, bola, atau instruktur), membantu otak Anda menjauh dari keadaan ancaman yang dirasakannya.

Olahraga mengubah fisiologi kita

Ketika Anda melihat sebuah ancaman yang Anda tidak percaya Anda memiliki kemampuan atau kapasitas untuk menangani (apakah itu ancaman fisik terhadap keselamatan Anda atau ancaman psikologis terhadap siapa Anda merasa sebagai pribadi), amigdala Anda (bagian dari otak yang selaras dengan ancaman) mengirimkan bahan kimia ke seluruh tubuh Anda untuk mempersiapkan respons Anda.

Ini dapat diringkas menjadi tiga opsi: melawan, melarikan diri, atau membeku.

Bahan kimia ini meningkatkan detak jantung dan pernapasan kita, mengencangkan beberapa otot kita, mempengaruhi sistem pencernaan kita dan mengurangi penglihatan tepi kita.

Olahraga dapat membantu mengurangi ketegangan otot, membuat detak jantung dan pernapasan Anda sesuai dengan tingkat upaya tubuh Anda dan memperluas fokus Anda.

Hal ini terlihat ketika atlet yang memiliki performance anxiety sebelum pertandingan mendengar peluit untuk memulai.

Saat otot mereka rileks (otot tegang adalah gejala utama kecemasan: NHS ) dan mereka masuk ke ritme mereka, mereka dapat mulai fokus pada aktivitas dan bukan pada rasa takut.

Olahraga mengubah otak kita

Banyak penelitian yang berusaha mengidentifikasi area spesifik otak yang dipengaruhi secara positif oleh olahraga telah dilakukan pada tikus karena sangat sulit untuk melacak dampak perilaku fisik dengan otak manusia.

Studi dalam Journal of Neuroscience ini menunjukkan bahwa salah satu alasan potensial mengapa kecemasan berkurang setelah berolahraga adalah bahwa gerakan tersebut menciptakan perubahan pada hippocampus.

Ini adalah area otak Anda yang terkait dengan pembelajaran, memori, dan regulasi kecemasan.

Latihan mendorong mekanisme koping yang baik

Alasan potensial lain mengapa olahraga membantu meredakan gejala kecemasan adalah karena olahraga memiliki dampak yang kuat pada kesehatan kognitif kita, seperti yang disarankan oleh penelitian ini dalam Journal of Sport and Health Science.

Dengan kesehatan kognitif yang baik, kita memiliki tingkat fungsi mental yang lebih tinggi, yang melibatkan bagaimana kita memproses pikiran kita, menciptakan ingatan, berkonsentrasi, memecahkan masalah, merencanakan, dan menjadi kreatif.

Fungsi mental yang baik berarti kita memiliki mekanisme koping yang jauh lebih baik yang siap ketika kita harus menghadapi stresor.

Apakah olahraga membantu kecemasan: bagaimana mengikuti rutinitas kebugaran?

Saat kita merasa cemas, pikiran untuk berolahraga mungkin terasa menakutkan.

Faktanya, sebuah penelitian di PLOS ONE telah menunjukkan bahwa mereka yang memiliki kecemasan sebenarnya lebih kecil kemungkinannya untuk berolahraga.

Namun, perubahan yang dilakukan olahraga pada otak dan tubuh kita dapat mengurangi kecemasan, sehingga bermanfaat bagi mereka yang mengalami gejala kecemasan untuk menemukan cara menggerakkan tubuh secara fisik.

Untuk melakukan ini, Anda dapat melihat penelitian tentang motivasi di National Library of Medicine, yang dipimpin oleh peneliti Richard Ryan dan Edward Deci.

Karya ini menunjukkan bahwa untuk membangun motivasi intrinsik (kecintaan internal terhadap sesuatu), tiga bidang inti perlu dikerjakan; masyarakat, kompetensi dan otonomi.

Untuk membuat rutinitas kebugaran tetap, disarankan untuk memilih olahraga atau jenis olahraga yang Anda sukai atau benar-benar ingin Anda coba.

Kemudian, cobalah untuk mengembangkan rasa memiliki dengan orang lain dalam olahraga atau aktivitas yang sama.

Baik secara langsung atau online, bersikap jujur, terbuka, dan rentan dengan orang-orang ini akan membantu Anda melanjutkan aktivitas.

Terakhir, untuk membangun kompetensi, Anda perlu fokus untuk benar-benar mahir.

Ini berarti bahwa ada lebih sedikit rasa takut saat Anda berlatih, sehingga Anda dapat merasa percaya diri dengan gerakan yang Anda lakukan.

Saat kita melakukan sesuatu yang kita rasa kompeten, bergairah, dan aman dalam melakukannya, akan lebih mudah untuk tetap berpegang pada rutinitas kebugaran.

Latihan ini tidak hanya akan membantu kecemasan, tetapi juga akan benar-benar membantu Anda menikmati aktivitas tersebut.

Demikianlah informasinya tentang apa, bagaimana cara, kapan dan kenapa obat dan sehat itu penting, pada siapa bertanya, berapa harga dan lama proses, dimana yang jual murah dan kita beli gampang, semoga bermanfaat.