Penelitian Ahli, Inilah Makanan apa Saja yang Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Diposting pada

Tim Kesehatan Organisasi Asgar

Berdasarkan serangkaian studi dan penelitian ditemukan bahwa ada Penelitian Ahli, Inilah Makanan apa Saja yang Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.

Bisakah makanan tertentu meningkatkan sistem kekebalan tubuh? Kami melihat apa yang harus dimakan untuk mencegah penyakit dan tetap sehat

Bisakah makanan meningkatkan sistem kekebalan tubuh?

Jika pemikiran ini pernah terlintas di benak Anda, Anda tidak sendirian. Ketika datang untuk mencegah infeksi, kita kira-kira tahu latihannya.

Cuci tangan Anda secara menyeluruh. Sanitasi permukaan. Tetap di rumah jika Anda merasa tidak enak badan.

Tetapi banyak dari kita tetap tidak yakin tentang apa yang harus dimakan untuk mencegah tubuh kita terus-menerus sakit.

Sangat mudah untuk menjadi mangsa gimmick pemasaran yang digunakan oleh merek makanan.

Lagi pula, menyenangkan untuk berpikir bahwa ada satu makanan super atau suplemen di luar sana yang dapat meningkatkan kekebalan kita dan menyelesaikan semua masalah kesehatan kita.

Namun pada kenyataannya, jauh lebih rumit dari itu.

Memang benar bahwa vitamin tertentu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita . Tetapi pada saat yang sama, tubuh kita adalah mesin yang kompleks dengan kebutuhan yang canggih.

Berpegang teguh pada diet yang sehat dan seimbang mungkin jauh lebih bermanfaat bagi kesehatan kita daripada mengonsumsi suplemen vitamin.

Jadi jika Anda tertarik untuk mengetahui apakah makanan benar-benar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, teruslah membaca.

Di sini, kita akan membahas apa dan bagaimana cara makan agar tetap bugar dan sehat.

MAKANAN APA YANG MENINGKATKAN SISTEM KEKEBALAN TUBUH?

Buah-buahan

Buah-buahan adalah salah satu kelompok makanan yang paling padat nutrisi. Dikemas dengan vitamin, mineral dan banyak senyawa aktif biologis yang berbeda, mereka dapat memberikan dorongan besar untuk pertahanan kekebalan Anda.

Setiap jenis buah memiliki sesuatu untuk menawarkan kesehatan dan kesejahteraan Anda.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, pastikan untuk memasukkan seluruh tanaman pelangi dalam diet Anda.

Karena itu, buah-buahan tertentu mungkin memiliki sifat imunoprotektif yang lebih kuat daripada yang lain.

Buah jeruk, seperti jeruk, lemon dan limau, adalah contoh sempurna makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mereka dikenal luas sebagai salah satu sumber vitamin C terbaik, nutrisi yang secara rutin digunakan untuk mengobati infeksi virus dan bakteri.

Tapi itu bukan satu-satunya senyawa yang membuatnya begitu efektif. Buah jeruk juga kaya akan flavonoid, terutama hesperidin.

Hesperidin adalah antioksidan kuat yang melawan peradangan dan virus pernapasan.

Menurut sebuah artikel di Frontiers of Immunology, konsumsi jus buah jeruk secara teratur dapat meningkatkan jumlah sel darah putih yang melawan infeksi dan menurunkan tingkat penanda inflamasi dalam tubuh.

Keluarga buah lain yang terbukti meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang lebih sehat adalah buah beri.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa buah beri mengandung sifat antioksidan, antimutagenik, antimikroba, anti-inflamasi, dan neuroprotektif.

Sayuran

Jika Anda ingin meningkatkan sistem kekebalan Anda, salah satu cara terbaik adalah memasukkan lebih banyak sayuran ke dalam makanan Anda.

Sama halnya dengan buah-buahan, kelompok makanan ini menyediakan vitamin, mineral, dan fitonutrien dalam dosis besar.

Mereka juga merupakan sumber serat dan prebiotik yang hebat – senyawa yang memberi makan bakteri baik yang hidup di usus kita.

Dan menjaga kesehatan usus kita pada gilirannya akan berdampak menguntungkan pada respons kekebalan kita.

Untuk memaksimalkan peluang Anda untuk tetap bebas dari infeksi, sertakan berbagai jenis sayuran dalam diet Anda.

Paprika merah dan cabai merupakan sumber vitamin C, hampir setara dengan buah jeruk.

Mereka juga mengandung alkaloid yang disebut capsaicin.

Menurut ulasan yang diterbitkan dalam Critical Review in Food Science and Nutrition, capsaicin memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat dan dengan demikian, memiliki nilai klinis potensial untuk menghilangkan rasa sakit, pencegahan kanker, dan penurunan berat badan.

Sayuran cruciferous, seperti brokoli, kubis, kembang kol dan kubis brussel, juga dapat berkontribusi pada sistem kekebalan yang lebih kuat.

Mereka mengandung vitamin C dan E tingkat tinggi, serta senyawa yang disebut glukosinolat.

Seperti yang dijelaskan dalam jurnal Molecules, glukosinolat telah terbukti melindungi terhadap berbagai jenis kanker, termasuk payudara, otak, darah, tulang, usus besar, lambung, hati, paru-paru, mulut, pankreas dan prostat.

Brokoli adalah contoh lain dari makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Selain mengandung banyak vitamin, polifenol dan glukosinolat, itu juga merupakan sumber zat yang disebut sulforaphane dan quercetin.

Menurut ulasan yang diterbitkan dalam Ulasan Fitokimia , sulforaphane sangat terlibat dalam detoksifikasi dan netralisasi karsinogen kimia dan radikal bebas.

Quercetin juga menampilkan sifat antioksidan, anti-alergi dan antivirus yang kuat.

Perhatian khusus juga harus diberikan pada sayuran berdaun hijau, seperti kangkung, selada dan bayam.

Bayam dianggap sebagai salah satu sayuran paling sehat. Berbagai penelitian telah menunjukkan kemampuan antioksidan, anti-kanker, anti-inflamasi, hipoglikemik, dan penurun kolesterolnya.

Ini memberikan dosis padat vitamin, mineral dan fitonutrien, termasuk karotenoid yang disebut lutein.

Seperti yang disarankan dalam ulasan di jurnal Food and Chemical Toxicology , lutein telah terbukti merangsang produksi antibodi dan melawan infeksi bakteri.

Jamur

Ada minat yang berkembang pada sifat penguatan kekebalan dari jamur.

Kelompok makanan ini menyediakan banyak selenium dan vitamin B, yang keduanya memiliki peran penting dalam kesehatan kekebalan tubuh kita.

Selain itu, jamur mengandung berbagai protein imunomodulator dan anti-kanker yang sangat spesifik, seperti yang dijelaskan dalam Journal of Autoimmunity.

Banyak jenis jamur yang bermanfaat bagi kesehatan kita, tetapi baru-baru ini perhatian diarahkan terutama pada jamur shiitake.

Menurut Journal of American College of Nutrition, konsumsi shiitake secara teratur secara signifikan meningkatkan produksi sel darah putih dan antibodi dalam tubuh.

Makanan fermentasi

Makanan dan minuman fermentasi memiliki sejarah yang panjang. Mereka adalah salah satu produk makanan olahan pertama yang dikonsumsi oleh manusia – dan untuk banyak alasan bagus.

Proses fermentasi meningkatkan umur simpan, keamanan dan rasa makanan seperti yogurt, acar, asinan kubis atau kimchi. Ini juga meningkatkan sifat nutrisi mereka.

Banyak makanan fermentasi mengandung strain bakteri hidup yang menguntungkan, sering disebut sebagai probiotik.

Probiotik dapat merangsang fungsi sistem kekebalan melalui peningkatan toksisitas sel pembunuh alami, mengatur produksi sitokin pro-inflamasi, dan meningkatkan jumlah sel darah putih, menurut sebuah penelitian di jurnal Food Control.

Makanan Laut

Ketika berbicara tentang makanan yang meningkatkan sistem kekebalan, makanan laut mungkin bukan hal pertama yang terlintas dalam pikiran Anda.

Tetapi kelompok makanan ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Ikan berminyak, misalnya, merupakan sumber asam lemak omega-3, melatonin, triptofan, dan poliamina yang baik.

Menurut sebuah ulasan yang diterbitkan di Frontiers in Nutrition, konsumsi ikan secara teratur dapat menyebabkan kesehatan usus yang lebih baik dan pengurangan risiko mengembangkan kondisi peradangan seperti rheumatoid arthritis dan psoriasis.

Kerang – termasuk udang, lobster, tiram, remis, kerang, kerang, kepiting, krill, dan siput – juga mengandung peptida bioaktif, antioksidan, vitamin, dan mineral yang merangsang kekebalan dalam jumlah yang signifikan.

Faktanya, tiram adalah salah satu sumber seng terbaik, yang terkait dengan kesehatan kekebalan tubuh.

Rempah-rempah dan bumbu

Rempah-rempah dan bumbu sangat bagus untuk meningkatkan cita rasa masakan, tetapi bukan itu saja kegunaannya.

Bawang putih adalah contoh makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menurut meta-analisis yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition , bawang putih tampaknya merangsang produksi dan mengatur fungsi sel darah putih, sitokin, dan imunoglobulin.

Konsumsi secara teratur dapat berkontribusi pada pengobatan dan pencegahan infeksi saluran pernapasan, tukak lambung, dan bahkan kanker.

Jahe adalah contoh lain. Menurut International Journal of Preventive Medicine, jahe memiliki potensi antiinflamasi, antioksidan, dan antikanker yang kuat.

Terlebih lagi, lada hitam mungkin juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Karena sifat antibakterinya, sudah lama digunakan sebagai pengawet makanan. Ini mengandung senyawa yang disebut piperine, yang menurut ulasan yang diterbitkan dalam jurnal Phytotherapy Research, menampilkan banyak manfaat kesehatan.

Dalam beberapa tahun terakhir, para peneliti juga telah mempelajari secara ekstensif sifat imunomodulator kunyit.

Studi terbaru menunjukkan bahwa kurkumin – bahan aktif utama kunyit – menunjukkan sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan pengaturan kekebalan dan dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

BAGAIMANA MENGINTEGRASIKAN MAKANAN PENAMBAH KEKEBALAN TUBUH KE DALAM DIET SEIMBANG

Banyak makanan memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi bagaimana Anda bisa memastikan bahwa Anda memasukkannya ke dalam diet Anda?

Pertama, pastikan untuk fokus makan makanan utuh dan memasak dari awal.

Juga, cobalah untuk menghindari makanan yang diproses tinggi – barang-barang seperti roti kemasan, makanan microwave dan sereal sarapan mungkin tampak sehat, tetapi mereka cenderung tidak memiliki nutrisi pendukung kekebalan.

Jika Anda merasa lapar, cobalah untuk mengemil buah jeruk dan beri. Ketika datang ke makanan yang lebih besar, cobalah untuk menambahkan porsi padat sayuran, jamur, ikan, kerang dan makanan fermentasi ke piring Anda. Bereksperimenlah dengan rempah-rempah dan bumbu juga.

Juga baik untuk memastikan bahwa proses memasak Anda tidak merusak nutrisi peningkat kekebalan tubuh.

Misalnya, buah dan sayuran sensitif terhadap panas, jadi jangan terlalu lama memasaknya.

Sebaliknya, tetaplah pada proses mengukus dan lembut. Menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam Ilmu Pangan dan Bioteknologi, perebusan, penggorengan, dan pemanggangan yang lama dapat mengakibatkan penurunan kadar vitamin C, A, D, E dan K, serta mineral seperti kalium, magnesium, natrium, dan kalsium.

Faktanya, brokoli bisa kehilangan hingga 50% atau lebih vitamin C-nya saat direbus.

Jika Anda bukan penggemar rasa kunyit atau jamur, pertimbangkan suplemen makanan. Banyak merek menawarkan ekstrak berkualitas baik yang terbuat dari makanan penambah kekebalan tubuh.

Juga relatif mudah untuk menambah probiotik dalam bentuk tablet atau kapsul – untuk hasil terbaik, carilah produk berkualitas dengan beberapa jenis bakteri yang berbeda.

Namun, jika Anda berpikir untuk mengubah rutinitas suplemen Anda, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

CARA LAIN UNTUK MENINGKATKAN SISTEM KEKEBALAN TUBUH

Tingkatkan tingkat aktivitas fisik Anda

Tidak diragukan lagi bahwa menjadi lebih aktif adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan fisik dan mental Anda.

Ini juga merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan Anda.

[widgets_on_pages id=4]

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition, intensitas dan durasi latihan terkait erat dengan fungsi berbagai komponen sistem kekebalan.

Para peneliti dari jurnal Sports Medicine juga mengumpulkan hasil beberapa penelitian dan menyimpulkan bahwa tingkat aktivitas fisik kebiasaan yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko 31% lebih rendah tertular penyakit menular dan penurunan risiko kematian 37% karenanya.

Utamakan kualitas tidur

Menjaga kebersihan tidur yang baik dapat membuat perbedaan besar pada kualitas hidup Anda. Tetapi cukup tidur juga merupakan faktor penting dalam kekebalan.

Tidur siang yang baik membantu menyeimbangkan kadar hormon dan sitokin yang bertanggung jawab untuk mengatur respons peradangan dalam tubuh, seperti yang dijelaskan oleh sebuah penelitian di Annals of the New York Academy of Sciences.

Beberapa penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa interaksi antara molekul pensinyalan kekebalan dan neurokimia otak meningkat secara signifikan selama infeksi, menunjukkan bahwa kita cenderung tidur secara berbeda ketika kita sakit.

Para peneliti menyarankan bahwa selama infeksi, perubahan tidur ini membantu tubuh kita pulih lebih cepat.

Jaga tingkat stres Anda tetap terkendali

Serangan stres yang singkat dapat membantu kita bertahan dalam situasi berbahaya.

Tetapi ketika stres itu menjadi kronis, itu bisa berdampak serius pada kesehatan fisik kita.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal Brain and Behavior , para peneliti berspekulasi bahwa stres kronis sangat mengganggu sinyal sistem kekebalan dan meningkatkan tingkat peradangan dalam tubuh.

Ada juga semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa intervensi pengurangan stres memiliki dampak langsung pada kerentanan kita terhadap infeksi.

Misalnya, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa terlibat dalam meditasi kesadaran dapat mengakibatkan penurunan penanda peradangan dan peningkatan sinyal kekebalan.

Demikianlah informasinya tentang apa, bagaimana cara, kapan dan kenapa obat dan sehat itu penting, pada siapa bertanya, berapa harga dan lama proses, dimana yang jual murah dan kita beli gampang, semoga bermanfaat.