Manfaat Sinar Matahari, Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Tim Kesehatan Organisasi Asgar

Manfaat Sinar Matahari, Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Secara alami dan manusiawi, tidur adalah kebutuhan pokok yang tidak dapat kita tawar-tawar lagi.

Jika kita kurang tidur, maka esok harinya kita akan menjadi capek dan kurang semangat.

Masalah Tidur Dewasa Ini

Gangguan tidur telah menjadi masalah kesehatan utama, seperti stres, gaya hidup yang tidak teratur dan gadget elektronik yang menghambat lebih banyak orang Korea dan seluruh dunia untuk bisa memejamkan mata secara alami.

Menurut Health Insurance Review and Assessment Service, jumlah pasien dengan gangguan tidur melonjak 60 persen dari 384.910 orang pada tahun 2008 menjadi 616.619 orang pada tahun lalu.

Jumlah penderita insomnia meningkat di semua kelompok umur, kecuali bagi mereka yang berusia 19 tahun ke bawah, tambahnya.

Gangguan tidur termasuk insomnia, sleep apnea, kurang tidur dan tidur berlebihan.

Porsi pasien yang berusia 20-an dan 30-an menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, meskipun fakta bahwa orang biasanya mulai mengembangkan masalah tidur ketika usia mereka bertambah.

Jumlah pasien berusia 30-an adalah 71.327 orang pada tahun 2012, naik dari 48.655 orang pada tahun 2008.

Jumlah pasien berusia 20-an juga meningkat dari 33.080 pada 2008 menjadi 41.152 tahun lalu.

Sebuah peningkatan tajam dalam jumlah orang muda yang memiliki masalah tidur dapat menunjukkan bahwa mereka berada di bawah tekanan konstan di tempat kerja dan dari mencari pasar kerja, kata review agen asuransi yang dikelola negara.

Solusi Mudah dengan Sinar Matahari

Dokter mengatakan ini adalah penting untuk mengekspos diri untuk sinar matahari siang hari karena membantu tubuh memproduksi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur-bangun.

“Ada banyak orang muda dengan gangguan tidur karena mereka stres dengan masalah mereka sendiri di tempat kerja atau dengan mencari pekerjaan”

“Mendapatkan lebih banyak sinar matahari membantu untuk memiliki kualitas tidur di malam hari karena memproduksi melatonin lebih banyak bila dibandingkan

dengan orang-orang terjebak di kantor sepanjang hari” kata Han Jin-kyu, seorang dokter di Seoul Sleep Center.

Dengan suhu tinggi dan kelembaban dilanjutkan pada malam hari selama musim panas, dokter menyarankan supaya kita mandi cahaya untuk mendinginkan suhu tubuh sebelum tidur.

“Orang-orang biasanya memiliki masalah dengan tidur selama malam musim panas terik karena musim panas terus-menerus merangsang sistem saraf seseorang untuk membuat tubuh menyesuaikan diri dengan suhu panas”

“Jadi oleh karena itu, penting untuk menurunkan suhu tubuh dengan mengambil mandi air dingin” katanya menambahkan.

Sering menggunakan smartphone dan komputer juga dapat menyebabkan gangguan tidur.

“Orang dengan gangguan tidur harus mematikan perangkat elektronik sebelum tidur karena cahaya dari layar dapat menyebabkan tubuh untuk menekan melatonin” kata dokter.

Bahaya Lain Kurang Tidur

Gangguan tidur dapat menyebabkan kondisi serius lainnya yaitu timbulkan berbagai penyakit seperti obesitas, diabetes dan penyakit jantung, menurut dokter.

Daripada minum obat tidur, orang-orang dengan gangguan tidur harus mulai peregangan dan mendapatkan istirahat yang cukup sebelum tidur. Susu dan pisang juga membantu, serta menghindari musik keras atau televisi, kata mereka.

Demikianlah informasinya, semoga bermanfaat