Manfaat Mengkonsumsi Biji-bijian, dapat Memperpanjang Harapan Hidup

Tim Kesehatan Organisasi Asgar

Berdasarkan hasil dari serangkaian penelitian ditemukan bahwa makan harian dengan mengkonsumsi banyak biji-bijian dan serat sereal, maka dapat mengurangi risiko kematian dini.

Temuan penelitian ini juga dipublikasikan dalam BMC Medicine, yang hasilnya menunjukkan serat sereal dikaitkan dengan penurunan risiko kematian dalam berbagai derajat untuk penyakit kronis termasuk kanker, penyakit jantung, penyakit pernapasan dan diabetes.

“Studi kami menunjukkan bahwa asupan biji-bijian dan serat sereal dapat mengurangi risiko semua penyebab kematian dan dari penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, dan penyakit pernafasan”

Demikian disampaikan secara resmi oleh Ketua Tim Peneliti yang bernama Lu Qi, yang merupakan seorang ilmuwan yang berada di Harvard Public School of Health.

Proses dan Metode Penelitian

Dalam melakukan penelitian ini, maka para ahli melibatkan sebanyak 367.442 orang di atas usia 50 tahun.

Para objek penelitian ini juga sudah diamati selama rata-rata 14 tahun.

Para peneliti menemukan bahwa konsumsi rata-rata 34 gram biji-bijian per 1.000 kilokalori (kkal) per hari dikaitkan dengan 17% penurunan risiko kematian dini dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi rata-rata 3,98 gram per 1.000 kkal per hari.

Bahkan ketika mereka menyumbang faktor seperti status kesehatan, aktivitas fisik dan status obesitas pengurangan tetap sama.

Para peneliti juga menemukan bahwa mengkonsumsi rata-rata 10,22 gram per 1.000 kkal serat sereal sehari dikaitkan dengan 19% penurunan risiko keseluruhan kematian dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi rata-rata 2,02 gram per 1.000 kkal per hari.

Namun ketika dilakukan penyelidikan secara lebih teliti, dalam kasua penyakit kronis individu penelitian mengungkapkan informasi mengejutkan.

Biji-bijian tinggi konsumsi dikaitkan dengan 11% dan 48% penurunan risiko kematian akibat penyakit yang cukup berat seperti contoh spesifik yaitu pernapasan dan diabetes.

Sedangkan konsumsi tinggi serat sereal memiliki 15% dan 34% penurunan risiko kematian akibat kanker dan diabetes, masing-masing.

Biji-bijian adalah seluruh biji tanaman yang digunakan untuk makanan dan berisi kuman, dedak dan endospora, seperti gandum, oat dan quinoa.

Sumber makanan yang disebutkan tadi adalah sumber yang kaya serat dan nutrisi lain seperti mineral dan antioksidan.

Demikianlah informasinya, semoga bermanfaat