Manfaat Magnesium Sebagai Makanan Anti Stress dan Melawan Insomnia

Tim Kesehatan Organisasi Asgar

Vitamin dan mineral memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Tapi sayang, selama ini lebih menonjol penggunaan vitamin dibandingkan dengan mineral.

Ada satu jenis mineral yang selama ini sering kita abaikan. Dia adalah magnesium. Mineral ini ternyata banyak memiliki manfaat bagi kesehatan.

Berdasarkan hasil data statistik ditemukan bahwa kekurangan mineral magnesium mungkin merupakan kekurangan gizi yang paling umum pada manusia,

walaupun kenyataannya sangat banyak sumber makanan yang mengandung magnesium

Melalui serangkaian penelitian terbaru ditemukan bahwa magnesium adalah mineral yang bermanfaat untuk menenangkan atau anti-stres.

Disamping itu, magnesium juga sangat penting untuk banyak fungsi manusia. Magnesium juga diperlukan untuk membangun jaringan tubuh – terutama tulang.

Fungsi utama dari magnesium adalah banyak sekali, di antaranya adalah untuk melemaskan otot, termasuk jantung, bekerja aktif dengan

enzim untuk melaksanakan fungsi metabolisme, termasuk sintesis protein, produksi energi, dan fungsi neuromuskular.

Temuan Penelitian

Melalui serangkaian penelitian ditemukan bahwa magnesium dapat digunakan untuk mengobati penyakit kurang tidur, gelisah, kram menstruasi, kram otot atau kejang, tekanan darah tinggi, serangan asma, dan detak jantung yang abnormal.

Sumber Makanan Mengandung Magnesium

Kita dapat menemukan sebagian besar magnesium dalam makanan nabati seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, kacang-kacangan, serta seafood juga tinggi mineral ini.

Sayuran hijau tua adalah sumber yang sangat baik dan kaya akan magnesium. Serta juga mengandung banyak klorofil tanaman, pigmen hijau yang

kaya magnesium yang mengubah cahaya matahari menjadi energi yang dapat digunakan tanaman dan menyimpannya sebagai gula, dan hemoglobin manusia.

Hemoglobin adalah molekul kimia yang mirip dalam sel-sel darah merah dari hewan yang mengandung zat besi, bukan magnesium.

Hemoglobin adalah penting untuk membawa oksigen ke semua sel dan jaringan tubuh Anda.

Karena tubuh mudah menghilangkan kelebihan magnesium, toksisitas hampir tidak diketahui, meskipun kelebihan magnesium dapat menyebabkan mencret atau diare.

Akibat Kekurangan Magnesium

Jika kita kekurangan mineral, terutama magnesium, maka akan dapat menyebabkan kram otot, masalah pengapuran, kelelahan, lekas marah, dan insomnia.

Demikianlah informasinya, semoga bermanfaat