Manfaat Berjalan Setelah makan Untuk Mencegah Diabetes Tipe 2

Tim Kesehatan Organisasi Asgar

Banyak di antara kita, baik itu keluarga, sahabat dan rekan kantor yang mungkin menderita Diabetes Tipe 2, dan ingin mencegahnya.

Tapi banyak di antara kita yang belum tahu dan bertanya, tentang apa itu Diabetes Tipe 2, bagaimana cara meredakan, kapan bisa disembuhkan, berapa biaya, kenapa bisa terjadi, dimana tempat mengobati, dan kepada dokter siapa bisa bertanya.

Oleh karena itu, bersama ini Organisasi Asgar akan berbagai tips dan trik mudah cara mendapatkannya, semoga bermanfaat.

Penelitian Terbaru

Berdasarkan hasil dari serangkaian penelitian ditemukan bahwa dengan berjalan kaki setelah makan dapat melindungi diri kita dari terjangkitnya penyakit diabetes tipe 2.

Hasil lain dari penelitian tersebut adalah bahwa lima belas menit berjalan kaki setelah makan membantu mengatur kadar gula darah dan bisa mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Penelitian yang diterbitkan pada Diabetes Care, menemukan bahwa tiga kali berjalan singkat setelah makan adalah sangat efektif dalam mengurangi gula darah selama 24 jam.

Atau dengan kata lain, berjalan selama 45 menit dengan langkah lambat dan moderat yang sama.

Selain itu, berjalan pasca-makan secara signifikan lebih efektif daripada berjalan berkelanjutan untuk menurunkan gula darah sampai tiga jam setelah makan malam.

“Temuan ini adalah kabar baik bagi orang-orang pada usia 70-an tahun dan 80-an tahun yang mungkin merasa lebih mampu melakukan aktivitas fisik intermiten setiap hari,

terutama jika berjalan singkat dapat dikombinasikan dengan menjalankan tugas atau berjalan santai”

Demikian disampaikan oleh peneliti utama yang bernama Loretta DiPietro, PhD, MPH, ketua pada the SPHHS Department of Exercise Science.

“Kontraksi otot yang terhubung dengan jalan-jalan pendek yang segera efektif dalam menumpulkan ketinggian berpotensi merusak gula darah setelah makan umumnya diamati pada orang tua” katanya.

“Temuan ini jika dikonfirmasi oleh penelitian tambahan, dapat menyebabkan strategi pencegahan murah untuk kondisi pra-diabetes yang dapat dari waktu ke waktu berkembang menjadi diabetes tipe 2″. dia menambahkan.

Diperkirakan ada 79 juta orang Amerika memiliki pra-diabetes tetapi yang kebanyakan tidak tahu bahwa mereka beresiko.

Penelitian lain telah menyarankan penurunan berat badan dan olahraga dapat mencegah diabetes tipe 2,

tetapi ini adalah studi pertama yang meneliti aktivitas fisik singkat yang waktunya sekitar periode berisiko menyusul makanan-saat gula darah bisa meningkat pesat dan berpotensi menyebabkan kerusakan.

DiPietro dan rekan-rekannya merekrut sepuluh orang usia 60 dan lebih tua yang sehat tetapi pada risiko terkena diabetes tipe 2 karena tingkat yang lebih tinggi dari normal gula darah puasa dan kadar cukup aktivitas fisik.

Orang tua mungkin sangat rentan terhadap gangguan dalam pengendalian gula darah setelah makan karena resistensi insulin pada otot dan juga karena sekresi insulin lambat atau rendah dari pankreas.

Gula darah tinggi setelah makan merupakan faktor risiko utama dalam perkembangan dari toleransi glukosa terganggu (pra-diabetes) untuk diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular, kata DiPietro.

Peserta menyelesaikan tiga protokol latihan perintah acak berjarak empat minggu. Setiap protokol terdiri 48 jam tinggal di kalorimeter seluruh ruangan, dengan hari pertama adalah sebagai periode kontrol.

Pada hari kedua, peserta yang terlibat dalam berjalan pasca-makan selama 15 menit setelah makan atau 45 menit berjalan berkelanjutan dilakukan pada pukul 10:30 di pagi hari atau pada pukul 4:30 di sore hari.

Semua berjalan dilakukan di atas treadmill dengan kecepatan yang reandah sampai sedang. Peserta makan makanan standar dan kadar gula darah mereka diukur terus menerus setiap 48 jam.

Tim peneliti mengamati bahwa waktu yang paling efektif untuk pergi untuk berjalan-jalan pasca-makan yaitu setelah makan malam.

Kenaikan gula darah berlebihan setelah makan ini-sering terbesar dari hari-sering berlangsung baik ke dalam malam dan pagi dan ini diatasi secara signifikan segera setelah peserta mulai berjalan di treadmill, kata DiPietro.

Kebanyakan orang makan siang besar atau makan malam dan kemudian mengambil tidur siang atau menonton televisi.

“Itu hal terburuk yang dapat Anda lakukan” kata DiPietro.

“Biarkan makanan mencerna sedikit dan kemudian keluar dan bergerak” dia menambahkan dengan yakin.

Waktunya berjalan untuk mengikuti makan malam besar ini sangat penting karena penelitian ini menunjukkan gula darah tinggi setelah makan malam merupakan faktor penentu yang kuat kadar glukosa 24 jam yang berlebihan, kata DiPietro.

Hasil penelitian ini harus dikonfirmasi dengan percobaan yang lebih besar yang mencakup lebih banyak orang, DiPietro memperingatkan.

Masih studi ini dipantau kadar gula darah terus menerus selama periode 48-jam dan dikendalikan lingkungan dengan hati-hati.

Temuan ini memiliki kepentingan kesehatan publik yang luar biasa dalam bahwa mereka memberikan bukti kuat bahwa dosis kecil latihan diulang beberapa kali per hari memiliki manfaat keseluruhan yang lebih besar untuk

mengontrol gula darah pada orang tua dari satu dosis besar berkelanjutan terutama jika mereka pada waktunya pendek dan tepat.

Demikianlah informasinya, semoga bermanfaat