Ada Makanan Sehat, Yang Justru Bisa Menjadi Bahaya Kesehatan

Tim Kesehatan Organisasi Asgar

Di sekeliling kita banyak sekali makanan yang tersedia. Ada makanan yang sehat ada juga makanan yang tidak sehat.

Banyak sekali makanan yang kurang sehat yang selama ini kita konsumsi, seperti satu cookie kemasan yang banyak bahan kimia, serta juga zat pengawet.

Makan satu kotak cookie sekali duduk dan menghabiskannya dalam waktu yang tidak terlalu lama, memang berbahaya, demikian kata para ahli.

Temuan Baru

Berdasarkan serangkaian penelitian, para ahli menyatakan pula bahwa memakan makanan sehat secara berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan, sama bahayanya dengan mengkonsumsi makanan tidak sehat.

Makanan sehat tersebut akan memberikan manfaat bagus kalau kita konsumsi dengan jumlah yang tepat, hanya jadi bahaya kalau mengkonsumsi secara berlebihan.

Oleh karena itu, Tim Organisasi Asgar akan menyampaikan beberapa makanan sehat yang bisa membahayakan kesehatan kita jika dimakan secara berlebihan.

Kedelai

Kedelai memang bermanfaat dan dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dan tekanan darah ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Perlu diperhatikan, bahwa jika mengkonsumsi kedelai secara berlebihan dapat menyebabkan anemia defisiensi besi.

Juga, karena kedelai mengandung senyawa mirip estrogen (isoflavon), konsumsi jangka panjang dalam jumlah besar berpotensi menyebabkan hiperplasia endometrium, proliferasi lapisan rahim yang dapat menyebabkan kanker rahim.

Meskipun tidak ada aturan yang baku untuk berapa banyak kedelai yang aman kita makan, kita mungkin dapat makan dua porsi kedelai per hari atau lebih sedikit.

Jeruk dan Tomat

Kita harus berhati-hati untuk tidak secara berlebihan makan jeruk dan tomat, yang kaya asam, kata Gina Sam, MD, MPH, direktur Mount Sinai Gastrointestinal Motilitas Center di Rumah Sakit Mount Sinai.

Asupan asam meningkat terkait dengan makan terlalu banyak jeruk atau tomat dapat menyebabkan refluks.

Selama jangka waktu, hal ini dapat menyebabkan Barrett’s Esophagus, gangguan di mana lesi prakanker terbentuk pada lapisan esofagus.

Sam juga menyarankan kita makan jeruk tomat tidak lebih dari dua porsi sehari. Bagi orang yang memiliki gejala refluks, sebaiknya menghindari makan jeruk dan tomat.

Ikan Tuna

Ikan tuna memang bermanfaat. Namun, makan terlalu banyak dapat menyebabkan kadar merkuri berbahaya karena tuna memiliki kadar merkuri yang lebih tinggi daripada banyak ikan lain.

Asupan merkuri yang berlebihan dapat menyebabkan masalah penglihatan, gangguan pendengaran dan bicara, kurangnya koordinasi, dan kelemahan otot.

Jadi pastikanlah kita tidak mengkonsumsi lebih dari 3-5 kaleng tuna seminggu, kata Sam, dan mencoba menukar tuna untuk ikan rendah merkuri seperti salmon, udang, dan Pollock.

Air

Sementara hidrasi adalah kunci untuk kesehatan yang baik, konsumsi air yang berlebihan dapat menyebabkan keracunan air, kata Alan R. Gaby, MD, penulis buku Nutritional Medicine.

Hal ini terjadi ketika asupan air yang ekstrim mencairkan natrium dalam tubuh, sehingga tingkat natrium darah abnormal rendah, yang dapat menyebabkan gangguan fungsi otak dan bahkan kematian.

Berapa banyak air yang akan kita harus minum untuk ini menjadi masalah? Ini biasanya hanya masalah bagi ultramarathoners dan orang-orang yang memaksa diri untuk selama-minum.

Tapi untuk memastikan kita tidak sedang mengkonsumsi air terlalu banyak, kita dapat melakukan cek kadar urin, jika itu selalu transparan, kurangilah minum air.

Bayam

Bayam adalah sayur berdaun hijau ini memang lezat dan sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Bayam adalah sumber protein, serat, dan berbagai vitamin dan mineral. Bayam juga tinggi lutein, suatu karotenoid yang dapat membantu mencegah berkaitan dengan usia degenerasi makula (penyebab umum kehilangan penglihatan dan kebutaan), kata Gaby.

Namun, bayam juga memiliki oksalat yang tinggi, ini adalah senyawa yang dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Jadi pasien yang memiliki batu ginjal dengan kadar kalsium oksalat harus menghindari berlebihan dengan sayuran ini.

Kacang Brazil

Brazil nuts adalah camilan renyah yang merupakan sumber protein, serat, asam lemak esensial, dan selenium.

Selain itu, makan kacang telah terbukti menurunkan kolesterol serum dan tekanan darah, kata Gaby.

Namun, kita tidak harus makan kacang ini setiap hari karena mereka sangat kaya akan selenium dan nutrisi dapat menjadi racun dalam jumlah tinggi, kata Gaby.

Makan terlalu banyak dapat menyebabkan rambut rontok, kerapuhan atau kuku, dermatitis, kelainan neurologis, dan pada kasus berat dapat menyebabkan kematian.

Menurut Joel Fuhrman, MD, seorang dokter, peneliti nutrisi, dan penulis The End of Diet, mengatakan bahwa kacang Brazil yang dikupas mempertahankan tingkat yang tinggi.

Jadi kita harus hati-hati, dan tidak boleh makan kacang brazil lebih dari 10 buah setiap hari.

Kesimpulan

Jadi kita tidak perlu menyingkirkan makanan-makanan tersebut diatas dari pola makan kita sehari-hari.

Kita hanya perlu menghindari supaya tidak makan dalam jumlah yang berlebihan, karena jika berlebihan, maka dapat membahayakan kesehatan kita.

Demikianlah informasinya, semoga bermanfaat